0

Sistem Informasi Pengekspedisian Surat Masuk dan Surat Keluar Secara Komputerisasi

Yonas Hadinata Pasuang Selasa, 08 Juni 2010


Latar Belakang
Perbankan mempunyai peranan penting sebagai lembaga perantara keuangan (financial intermediary institution) yang menghubungkan antara sumber-sumber dana dari pihak yang kelebihan dana (surplus spending unit) dengan pengguna dana yaitu pihak yang kekurangan dana (defisit spending unit). Menetapkan, mengembangkan serta mengelola pemasaran dan analisis kredit, penataan administrasi kredit dan kredit program, penyelamatan dan penyelesaian kredit serta pengendalian kredit secara menguntungkan dan berperan sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah dalam upaya menunjang terwujudnya bank yang tumbuh dan berkembang secara kokoh, terpercaya dan dinamis.
Operasional perbankan khususnya PT. Bank Pembangunan Kalteng pada bagian divisi perkreditan yang masih menggunakan metode manual dalam hal pengekspedisian surat masuk dan surat keluar sehingga mengakibatkan para karyawan pada bagian divisi perkreditan mengalami masalah karena harus menulis manual dalam buku agenda ekspedisi surat masuk dan surat keluar. Kondisi tersebut mengakibatkan para karyawan pada bagian divisi perkreditan memfokuskan kerjanya untuk mengisikan dalam buku agenda ekspedisi surat masuk dan surat keluar.
Melihat permasalahan tersebut maka perlu suatu metode baru dalam mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan pembuatan “Sistem pengekspedisian Surat Masuk dan Surat Keluar Secara Komputerisasi”. Sistem pengekspedisian Surat Masuk dan Surat Keluar Secara Komputerisasi secara umum dapat berarti sistem yang diciptakan untuk melaksanakan proses pengekspedisian Surat Masuk dan Surat Keluar yang dimanfaatkan oleh para karyawan di PT. Bank Pembangunan Kalteng khususnya dibagian divisi perkreditan. Pemanfaatan di sini dapat berarti pengecekan untuk surat masuk dan surat keluar tersebut.

Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
Tentunya mudah untuk melakukan pengekspedisian surat-surat secara manual dalam jumlah yang menampilkannya. Namun tidaklah mungkin untuk dilakukan pengekspedisian surat dalam jumlah yang banyak. Akan sangat memakan waktu. Karena surat yang masuk dan surat keluar bisa dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan metode Sistem Pengekspedisian Surat Masuk Dan Surat Keluar Secara Komputerisasi diharapkan dapat meringankan tugas para karyawan bagian divisi perkreditan dalam pengekspedisian surat.

Permasalahan yang muncul pada bagian Divisi Perkreditan PT. Bank Pembangunan Kalteng antara lain:
  1. Masih menggunakan sistem manual.
  2. Tidak ada bagian administrasi untuk surat masuk dan surat keluar dibagian Divisi Perkreditan.
Program yang dibuat untuk tugas Kerja Praktek ini memiliki batasan-batasan sebagai berikut :
  1. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6 dan MS Access.
  2. Mengelola Database Surat Masuk dan Surat Keluar untuk bagian Divisi Perkreditan.
  3. Menyajikan informasi tentang Surat Keluar dan Surat Masuk untuk bagian Divisi Perkreditan.
Tujuan dan manfaat
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk membantu bagian Divisi Perkreditan dalam hal penginputan data berupa laporan yang datang dari semua cabang yang ada di Kalimantan Tengah, sehingga ditemukan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja para karyawan khususnya pada bagian Divisi Perkreditan yang dulunya secara manual sekarang secara komputerisasi. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kemudahan kepada karyawan untuk memasukkan data-data berupa laporan bulanan maupun laporan penagihan agar data-data tersebut tidak tercecer di arsip lain, mencetak laporan surat masuk, laporan surat keluar, laporan bulanan dan laporan penagihan serta menampilkannya.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything