0

Sistem Informasi Pendaftaran Register Induk Perkara Gugatan Perselisihan Hubungan Industrial Di Pengadilan Negeri Palangka Raya

Yonas Hadinata Pasuang Selasa, 08 Juni 2010


Latar Belakang
Pengadilan Negeri merupakan salah satu instansi pemerintah yang sangat memerlukan adanya sistem informasi pengolahan data untuk mempermudah dan memperlancar kinerjanya. Saat ini masih banyak kita lihat penyusunan data-data yang yang dilakukan secara manual. Cukup banyak instansi pemerintah yang masih memberdayakan tenaga manusia yang ada untuk mengelola data-data yang ada. Proses yang masih dilakukan secara manual membuat kinerjanya menjadi kurang efektif dan efisien.
Biasanya data-data yang masuk akan dicatat kedalam sebuah buku, pencatatan ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan selain membutuhkan waktu juga yang lama dan juga menguras tenaga. Selain itu penyusunan data-data pada Pengadilan Negeri Palangka Raya yang ada juga akan terhambat dengan dilakukannya cara-cara pengelolaan yang masih bersifat manual
Dalam pembuatan laporan untuk evaluasi kinerja Pengadilan Negeri juga mengalami kendala. Memerlukan waktu dan tenaga untuk mengolah laporan untuk data-data yang masih berbentuk kertas sehingga laporan-laporan yang diperlukan tidak dapat langsung disediakan, dikarenakan proses manual yang masih diterapkan.
Hal inilah yang menjadi suatu kendala dalam penyampaian infomasi, bilamana suatu waktu diperlukan sebuah data lama, maka diperlukan waktu untuk pencarian data tersebut sehingga tidak efisien waktu. Masalah yang lain juga yaitu pada saat mencari data yang diperlukan, para pegawai harus membuka ulang arsip-arsip yang sudah tersusun rapi dan menyusunnya ulang.
Pada objek Kerja Praktik (KP) kali ini yaitu Pengadilan Negeri Palangka Raya, penulis mengangkat permasalahan yang sama seperti yang diuraikan di atas sebagai proyek tugas Kerja Praktik (KP). Penulis mengangkat masalah Pendaftaran Register Induk Perkara Gugatan Perselisihan Hubungan Industrial. Di mana sistem penyimpanan Pendaftaran Register Induk Perkara Gugatan Perselisihan Hubungan Industrial masih dilakukan secara manual, sehingga diharapkan dengan pengerjaan tugas Kerja Praktik (KP) (KP) ini permasalahan tersebut dapat diatasi agar penyampaian data khususnya Pendaftaran Register Induk Perkara Gugatan Perselisihan Hubungan Industrial efisien dan efektif.
Berdasarkan uraian singkat di atas, maka penulis merasa tertarik untuk membuat sebuah Sistem Informasi Pendaftaran Register Induk Perkara Gugatan Perselisihan Hubungan Industrial yang dapat membantu memberikan kemudahan pengolahan data-data yang diperlukan. Diharapkan dengan adanya sistem ini, pengelolaan sebuah data menjadi efektif dan efisien. Sehingga dengan begitu tidak diperlukan lagi ruang penyimpanan untuk arsip-arsip yang menumpuk dan juga dapat mempersingkat waktu dalam pencarian data.

Rumusan Masalah
Dari penjabaran latar belakang tersebut diatas, maka timbulah suatu gagasan untuk melakukan analisis dan pengolahan data pada Pengadilan Hubungan Industrial Pada Pengadilan Negeri Palangka Raya.
Dalam proses analisis ini kedepannya, permasalahan yang akan dijadikan dasar gagasan dalam penekanan analisisnya, permasalahan tersebut adalah :
  1. Apa-apa saja proses pendaftaran kasus hubungan industrial yang ada pada Pengadilan Hubungan Industrial Pada Pengadilan Negeri Palangka Raya.
  2. Bagaimana proses yang ada tersebut berjalan atau bekerja pada Pengadilan Hubungan Industrial Pada Pengadilan Negeri Palangka Raya.
  3. Bagaimana langkah selanjutnya pembuatan analisis setelah proses yang di cari ditemukan dan setelah data-data yang diperlukan berhasil untuk diolah.
Batasan Masalah
Batasan masalah yang akan di bahas dalam kegiatan Kerja Praktik (KP) ini kedepannya adalah sebagai berikut :
  1. Sistem informasi ini dapat melakukan insert, delete, update pada data penggugat dan tergugat.
  2. Mengelola Database Penggugat dan Tergugat untuk bagian Pengadilan Hubungan Industrial.
  3. Menyajikan informasi tentang Penggugat dan Tergugat untuk bagian Pengadilan Hubungan Industrial.
  4. Sedangkan untuk software program akan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan data base MS Access.
Tujuan Dan Manfaat
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah membangun sebuah aplikasi pengarsipan khususnya Pendaftaran Register Induk Perkara Gugatan Perselisihan Hubungan Industrial yang terdapat di Kalimantan Tengah khususnya di Palangka Raya, yang dapat membantu memberikan kemudahan pengolahan data-data yang diperlukan. Diharapkan dengan adanya sistem ini, pengelolaan sebuah data menjadi efektif dan efisien. Sehingga dengan begitu tidak diperlukan lagi ruang penyimpanan untuk arsip-arsip yang menumpuk dan juga dapat mempersingkat waktu dalam pencarian data.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything