0

Sistem Informasi Geografis Lokasi Instansi-Instansi Pemerintah Dan Prasarana Umum Kabupaten Barito Timur Berbasis Mobile Menggunakan J2ME

Yonas Hadinata Pasuang Jumat, 04 Juni 2010


Latar Belakang
Pada tanggal 10 April 2002 Propinsi Kalimantan Tengah yang terdiri dari 5 Kabupaten dimekarkan menjadi 13 Kabupaten. Salah satu Kabupaten yang baru adalah Kabupaten Barito Timur. Kabupaten Barito Timur adalah pemekaran dari Kabupaten Barito Selatan yang memiliki 6 Kecamatan meliputi Kecamatan Benua Lima, Kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Awang, Kecamatan Patangkep Tutui, Kecamatan Dusun Tengah dan Kecamatan Pamatang Karau (Anonim, 2010). Untuk dapat mengetahui informasi geografis lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur, saat ini masih banyak ditemukan permasalahan yang dapat menyebabkan informasi geografis lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur tidak dapat diketahui secara tepat.

Hal ini sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang ditemukan, dimana Kabupaten Barito Timur yang luas memungkinkan terjadinya salah informasi lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umumnya. Ini di karenakan keadaan geografis lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur yang tidak dilakukan pemetaan, dan tidak ada sistem yang dapat melakukan pencarian lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur.

Perangkat lunak SIG dapat menjawab permasalahan yang ada di Kabupaten Barito Timur, dimana dalam pengembangan perangkat lunak SIG lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur yang secara khusus adalah berbasis mobile akan memberikan solusi dari segala permasalahan yang ada. Perangkat lunak SIG lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur ini akan melakukan pemetaan geografis lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur sehingga mampu memberikan informasi geografis lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur, bahkan dapat melakukan pencarian lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur dengan menggunakan metode algoritma semut yang memberikan hasil pencarian dengan tepat.

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengajukan judul
Tugas Akhir yalta “Sistem Informasi Geografis Lokasi Instansi-Instansi Pemerintah Dan Prasarana Umum Kabupaten Barito Timur Berbasis Mobile Menggunakan J2ME”.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul di atas, maka timbullah suatu gagasan untuk merancang Sistem Informasi Geografis yang dapat membantu pengguna (pendatang) mengetahui lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur dengan menggunakan perangkat mobile. Adapun hal yang dapat diangkat menjadi rumusan permasalahannya adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana pengembangan dari Sistem Informasi Geografis Lokasi Instansi-Instansi Pemerintah Dan Prasarana Umum Kabupaten Barito Timur yang Berbasis Mobile Menggunakan J2ME yang akan dibuat?
  2. Bagaimana cara melakukan pemetaan terhadap keadaan geografis lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur bagi pengguna (pendatang) Sistem Informasi Geografis ini?
Batasan Masalah

Pembatasan masalah ini dilakukan agar pembuatan dan pengolahan sistem lebih terarah serta dapat memenuhi tujuan yang ditentukan. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, batasan masalah yang akan dijadikan dasar desain program yang dibuat yaitu sebagai berikut:
  1. Aplikasi ini bertujuan sebagai alat bantu untuk memberi informasi lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur kepada pengguna (pendatang) dengan menggunakan perangkat mobile dengan skala perbandingan 1:50.000. Dimana aplikasi ini menyediakan fasilitas update dan database peta apabila terdapat atau terjadi pembangunan gedung instansi pemerintah atau prasarana umum baru.
  2. Membuat Sistem Informasi Geografis Lokasi Instansi-Instansi Pemerintah Dan Prasarana Umum Kabupaten Barito Timur Berbasis Mobile Menggunakan J2ME yang memiliki output berupa peta geografis yang memberikan informasi detail data untuk lokasi instansi-instansi pemerintah dan prasarana umum Kabupaten Barito Timur mengenai infomasi detail nama jalan, letak lokasi instansi-instansi pemerintah, letak lokasi prasarana umum, pencarian lokasi dan info jarak lokasi dengan menggunakan metode algoritma semut.
  3. Fasilitas yang didefinisikan dalam pengembangan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis Lokasi Instansi-Instansi Pemerintah Dan Prasarana Umum Kabupaten Barito Timur meliputi :
  • Legenda, dilakukan pemberian warna yang berbeda untuk lokasi instansi-instansi pemerintah atau prasarana umum.
  • Informasi yang dapat dilihat jika feature data instansi-instansi pemerintah atau prasarana umum Kabupaten Barito Timur tersebut di pilih yaitu berupa nama lokasi, keterangan, batas utara, batas selatan, batas timur, batas barat.
  • Fasilitas pencarian lokasi dan info jarak lokasi yang berguna membantu pengguna untuk menemukan lokasi yang dan jarak lokasi yang dicari dengan menerapkan metode algoritma semut, dimana lokasi awal dan tujuan pada peta dapat secara random data.
  • Fasilitas zoom in/out, dimana peta geografis lokasi instansi-instansi pemerintah atau prasarana umum Kabupaten Barito Timur pada perangkat mobile dapat diperbesar dengan zoom in dan diperkecil dengan zoom out.
  • Fasilitas putar peta, dimana peta geografis lokasi instansi-instansi pemerintah atau prasarana umum Kabupaten Barito Timur pada perangkat mobile dapat diputar dari sudut pandang berbeda-beda.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything