0

Sistem Informasi Database Stok dan Penjualan pada Toko Komputer

Yonas Hadinata Pasuang Jumat, 04 Juni 2010


Teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dibidang komputerisasi pada masa sekarang ini semakin pesat. Dengan pesatnya teknologi tersebut maka semakin pesatnya kebutuhan akan penggunaan komputer sebagai penunjang kerja, karena pada saat ini tidak memungkinkan lagi mengerjakan sesuatu secara manual. Karena jika kita masih menggunakan sistem secara manual, akan banyak kesalahan yang terjadi dan sulit untuk kita ubah kembali. Sebaliknya jika menggunakan sistem secara komputerisasi maka kesalahan tersebut dapat diatasi dan waktu yang diperlukan untuk kegiatan tersebut akan lebih cepat.
Teknologi informasi yang berbasis komputer merupakan salah satu cara untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang cepat dan akurat. Pada masa ini komputer juga merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat dijadikan sarana untuk mendapatkan informasi. Komputer juga memegang peranan yang penting dalam teknologi informasi yang kita butuhkan tanpa keterbatasan ruang dan waktu. Teknologi informasi yang berbasis komputer merupakan salah satu cara untuk mengolah data dan menjadikan informasi yang cepat dan akurat pada masa sekarang.
Pada saat kita ke toko computer kita sering melihat kesulitan penjual atau toko computer dalam melayani pembeli, yang sering kali tidak pasti dalam memilih peripheral yang akan dibeli. Hal tersebut cukup membuat repot, apalagi jika toko komputer tersebut sedang ramai pengunjung.
Biasanya, para "penjual" komputer menyediakan brosur dari paket-paket penjualan komputer mereka, seperti jenis motherboard,processor,RAM dan sebagainya dengan harga yang sudah ditetapkan sebelumnya.Tetapi hal ini akan menyulitkan penjual, jika ada konsumen yang ingin mengganti "isi" atau peripheral komputer tersebut. Dan tentunya yang repot adalah "penjual" komputer tersebut, yang harus menghitung ulang total harganya.Dengan melihat permasalahan tersebut kita bertanya-tanya apakah ada cara atau suatu “alat bantu” untuk mempermudah pekerjaan penjual atau toko komputer tersebut agar bekerja lebih efisien dan efektif. Sehingga munculah ide untuk membuat aplikasi ini, yaitu aplikasi yang berguna untuk mempermudah para penjual atau toko komputer dalam mengelola penjualan komputernya.
Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai "alat bantu" bagi para "penjual" komputer di toko-toko komputer. Karena penjual tidak perlu lagi menggunakan kalkulator jika ada pembeli yang ingin mengganti peripheral computer yang diinginkan. Tetapi cukup dengan memilih peripheral yang diinginkan oleh konsumen, dan total harga pun dapat segera terlihat. Dan juga disertai dengan fasilitas mencetak nota, jika konsumen hanya ingin mengetahui harganya saja, dan ingin membawa pulang nota tersebut untuk diperlihatkan pada orang tuanya, misalnya.

RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan urian diatas banyak permasalahan yang dapat diungkapkan, rumusan-rumusan masalah yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana membuat program aplikasi untuk membantu pekerjaan toko-toko komputer dengan menggunaakan Microsoft Access dan Visual Basic 6.0 sebagai upaya untuk memberi solusi yang terjadi pada toko-toko komputer tersebut?
  2. Bagaimana membuat sebuah program aplikasi yang memiliki dua prioritas akses yaitu interface milik admin dan milik customers?
  3. Bagaimana menyimpan dan mengolah data-data barang yang diinputkan oleh admin maupun user ke dalam database?


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything