0

Penelitian Dampak Positif dan Negatif Dari Internet Bagi Siswa SLTP Palangka Raya

Yonas Hadinata Pasuang Senin, 21 Juni 2010


Dengan seiringnya zaman maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Dimana kita telah mengenal internet, Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Karena internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif yang nantinya dapat mempengaruhi generasi muda.

Menurut Quarterman dan Mitchell ada terdapat empat kategori kegunaan internet, yaitu :
  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia
  2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
  4. Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia maya).
Hipotesa
Dampak positif dari perkembangan Internet.
  1. Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya (e-learning). Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini juga diramu dengan unsur hiburan (entertaiment) yang sesuai dengan materi, sehingga lebih menarik.
  2. Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi. Sehingga berpeluang jadi developer game dan memiliki daya imajinasi yang tinggi.
Dampak negatif dari perkembangan Internet
  1. Kecenderungan munculnya kecanduan pelajar SLTP akan internet, yang mengakibatkan lupa waktu. Kecanduan akan game online, chatting dan fasilitas internet lainnya memicu anak menjadi malas belajar(minat belajar berkurang) atau pun enggan melakukan aktivitas sosial lainnya.
  2. Melalui internet-lah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain “dijajakan” secara terbuka dan tanpa penghalang, hal ini bisa mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku pelajar SLTP.
Permasalahan
  1. Apakah prestasi akademik pelajar SLTP meningkat dengan adanya perkembangan internet?
  2. Apakah perkembangan internet mempengaruhi pergaulan pelajar SLTP di kota Palangkaraya?
  3. Apakah perkembangan internet mempengaruhi uang saku pelajar SLTP.
  4. Apakah perkembangan internet mempengaruhi moral para pelajar SLTP.
  5. Apakah perkembangan internet memungkinkan pelajar SLTP melakukan tindakan kriminalitas.
  6. Sejauh mana pengawasan orang tua terhadap anak-anaknya yang masih berstatus pelajar SLTP, dalam hal menggunakan internet.
Tujuan Penelitian
  1. Mengidentifikasi serta mengeksplorasi pengaruh dari penggunaan internet bagi pelajar SLTP di kota Palangkaraya.
  2. Mencari pemecahan masalah yang muncul karena berkembangnya internet dalam kehidupan pelajar SLTP di Kota palangkaraya.
  3. Membuat acuan yang akan digunakan untuk melakukan dan menyusun penelitian yang lebih spesifik lagi.
Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian kami ini yaitu siswa SLTP sudah mengenal internet akan tetapi penggunaan internet di kalangan remaja atau siswa SLTP Palangka Raya ini masih dalam batas yang wajar karena penggunaan fasilitas internet yang sering digunakan oleh siswa SLTP Palangka Raya adalah fasiltas – fasiltas seperti :
  1. Email
  2. Chat
  3. Browsing bahan tugas
  4. Download
  5. Game online
Sehingga pengaruh negatif dari internet bagi siswa SLTP Palangka Raya sangatlah kecil. Tetapi akan lebih banyak berdampak positif bagi siswa karena dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya. Sehingga akan berpengaruh kepada prestasi siswa itu sendiri. Selain itu juga adanya penaruh pengawasan dari orang tua siswa itu sendiri, yang mengarahkan kepada anaknya bagaimana dan untuk apa penggunaan fasilitas internet itu. Juga dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa terhadap jaringan atau penguasaan fasilitas – fasilitas internet.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything