0

Sistem Pakar Troubleshooting Personal Computer (Komputer)

Yonas Hadinata Pasuang Selasa, 18 Mei 2010


Latar Belakang
Dampak dari kemajuan teknologi komputer yang mampu menggantikan tugas manusia di era intelejensi ini tidak akan mengurangi lapangan pekerjaan, bahkan sebaliknya akan membuka lapangan pekerjaan baru yang lebih efesien. Teknologi berbasis pengetahuan (knowledge based expert system) dengan berbagai kehandalannya merupakan suatu terobosan baru yang mampu memberi nilai tambah di dalam pengelolaan sumber daya secara lebih baik. Permasalahan yang dibahas adalah para pengguna komputer yang bergantung pada sang pakar dalam menganalisis masalah dengan personal computer. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode baru, yaitu dengan adanya pembuatan “Aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Personal Computer”.

Rumusan Masalah
Seiring dengan majunya teknologi komputer, diharapkan “Aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Personal Computer” yang dibuat dapat membantu pengguna komputer (dalam hal ini, pengguna komputer adalah pengguna diluar jurusan Teknik Informatika yang kurang mengerti personal computer) dalam mengatasi masalah pada Personal Computer tanpa harus membawanya ke teknisi komputer atau ke service-service komputer. Adapun sasaran yang ingin dicapai ialah bagaimana aplikasi ini dapat membantu pengguna komputer dalam menganalisis masalah yang terjadi pada personal computer .

Tujuan
Tujuan dari pembuatan “Aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Personal Computer” adalah sebagai berikut :
  • Merupakan solusi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer yang mengalami masalah pada personal computer selalu tersedia setiap saat dibutuhkan sehingga sistemnya dapat dimanfaatkan oleh pengguna komputer tanpa kehadiran sang pakar.
  • Memahami dan memperoleh pengetahuan terhadap masalah-masalah yang terjadi pada personal computer .
  • Membantu dalam melakukan identifikasi masalah pada personal computer secara dini melalui pengolahan aplikasi sehingga penanganan lebih lanjut terhadap masalah tersebut dapat ditangani dengan cepat.
  • Memberikan gambaran secara umum, penjelasan, dan bila diperlukan dapat menyampaikan asumsi-asumsi kepada pengguna komputer menyangkut masalah pada personal computer.
Ruang Lingkup
Mengingat ruang lingkup dalam “Aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting Personal Computer” sangatlah besar karena teknologi komputer yang mengalami perkembangan yang pesat, maka batasan programnya adalah sebagai berikut ini :
  • Membuat aplikasi sistem pakar troubleshooting personal computer yang simple dan mudah di pahami oleh pengguna komputer.
  • Aplikasi ini hanya menangani kerusakan hanya pada personal computer yaitu diantaranya adalah sebagai berikut motherboard, prosesor, VGA, harddisk, CD/DVD/ROM/RW, Power Supply, dan Battery CMOS.
  • Aplikasi ini mengelola database dimana data-data yang akan diolah dari fakta-fakta timbulnya masalah personal computer yang didiagnosa sehingga dari diagnosa tersebut akan mendapatkan solusinya.
  • Dalam pembuatan aplikasi sistem pakar troubleshooting personal computer ini akan menggunakan metode forward chaining. Forward chaining adalah suatu metode yang memulai pencarian dari fakta-fakta yang ada kemudian di diagnosa sehingga mendapatkan solusinya.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything