0

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit ISPA berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL

Yonas Hadinata Pasuang Selasa, 18 Mei 2010


Latar Belakang
Sistem pakar adalah program komputer yang menirukan penalaran seorang pakar dengan keahlian pada suatu wilayah pengetahuan tertentu. Permasalahan yang ditangani oleh seorang pakar bukan hanya permasalahan yang mengandalkan algoritma, namun kadang juga permasalahan yang sulit dipahami. Permasalahan tersebut dapat diatasi oleh seorang pakar dengan pengetahuan dan pengalamannya. Oleh karena itu sistem pakar dibangun bukan berdasarkan algoritma tertentu tetapi berdasarkan basis pengetahuan dan aturan. Sistem pakar sudah banyak dikembangkan baik untuk kepentingan penelitian maupun kepentingan bisnis dari berbagai bidang ilmu seperti ekonomi, keuangan, teknologi dan kedokteran. Sistem pakar dalam bidang diagnosis kesehatan telah dikembangkan pada pertengahan tahun 1970 di Stanford University. Sistem tersebut diberi nama MYCIN dan digunakan untuk melakukan diagnosis dan terapi terhadap penyakit miningitis dan infeksi bacremia..

Besarnya kemungkinan suatu gejala menentukan keberadaan suatu penyakit perlu diketahui, mengingat ada empat kemungkinan hasil pemeriksaan yaitu :
  1. positif sejati : suatu gejala ada dan pasien memang menderita penyakit yang ditunjukkan oleh gejala itu
  2. positif palsu : suatu gejala itu ada tetapi pasien tidak menderita penyakit sebagaimana yang ditunjukkan oleh gejala itu
  3. negatif palsu : pasien menderita suatu penyakit tetapi tidak terdapat gejala yang menunjukkan penyakit itu
  4. negatif sejati : pasien tidak menunjukkan gejala penyakit dan memang tidak menderita penyakit tersebut
Dibuatnya “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit ISPA berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL” ini adalah karena masih kurang tersedianya layanan kosultasi kesehatan yang menggunakan media internet. Biasanya masyarakat hanya mengkonsultasikan kesehatan dengan pergi ke rumah sakit atau praktek dokter untuk check up kesehatan tubuh mereka.

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit ISPA berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL ini dirancang untuk masyarakat umum dari semua kalangan. Semua orang dapat mengakses layanan ini, dengan terlebih dahulu melakukan login dan registrasi anggota. Dalam layanan ini juga, kita dapat menginputkan data berupa pertanyaan seputar penyakit ISPA dan permasalahanya, diluar isi yang terdapat pada sistem pakar ini.

Secara tersirat hal inilah yang merupakan suatu strategi baru di dunia kesehatan, secara khusus adalah untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan pernapasan kita.. Pembuatan layanan informasi penyakit ISPA di dunia maya melalui media teknologi web inilah yang menjadi dasar di buatnya “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit ISPA berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL”

Rumusan Masalah
Permasalahan utama yang di bahas dalam pembuatan “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit ISPA berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL” ini adalah :
  1. Bagiamana membuat aplikasi layanan informasi kesehatan terutama mengenai penyakit ISPA dalam dunia maya?
  2. Bagaimana cara pendiagnosaan penyakit ISPA menggunakan media sistem pakar?
Melihat permasalahan di atas maka perlu suatu metode baru dalam mengatasi permasalahan utama tersebut, yaitu dengan pembuatan “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit ISPA berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL” ini.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything