0

Sistem Informasi Penjualan

Yonas Hadinata Pasuang Selasa, 25 Mei 2010


UD. SINAR BINTANG ABADI adalah salah satu perusahaan yang kegiatannya bergerak dalam bidang perdagangan. Perusahaan ini selalu berusaha untuk meningkatkan volume penjualan barang. Oleh karena itu pihak manajemen perusahaan perlu melakukan pengendalian terhadap sistem penjualan dan melaksanakan sistem pengawasan yang baik agar dapat mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan data ataupun kesalahan keputusan yang diambil berdasarkan data yang ada yang dapat merugikan perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka perlu untuk membuat sebuah sistem yang berbasis komputer untuk mengolah sebuah sistem informasi yang akurat dalam proses penjualan pada perusahaan UD. Sinar Bintang Abadi, dimana sistem ini akan dikembangkan dengan menggunakan program aplikasi Visual Basic 6.0 dengan akses database menggunakan Microsoft Office Access 2003 dengan judul aplikasi “Sistem Informasi Penjualan“. Diharapkan dengan adanya sistem ini, pengelolaan sebuah perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya

Rumusan Masalah
Dari penjabaran latar belakang diatas, maka timbulah suatu gagasan untuk merancang sebuah sistem yang berbasis komputer yang dapat membantu proses pengolahan data penjualan. Hal ini disebabkan karena :
  • Belum adanya sebuah sistem yang dapat digunakan untuk membantu pengolahan data penjualan yang terkomputerisasi.
  • Kurang efisien dan efektif dalam pencarian informasi dari kumpulan berkas-berkas yang disimpan secara sederhana yang berupa kertas nota atau data-data lain.
  • Membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan semua data-data sehingga merepotkan untuk dokumentasi dan pelaporan.
Tujuan
Dalam perancangan dan pengembangan sistem dimana tujuannya dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
  • Tujuan yang bersifat akademik. Untuk memenuhi tugas sebagai syarat yang ditempuh pada Mata Kuliah Program Profesional (PP) di Jurusan Teknik Perangkat Lunak, Fakultas Teknik, Universitas Palangkaraya tahun 2007-2008.
  • Tujuan yang bersifat system yaitu :
  1. Membuat agar sistem dalam proses penjualan dapat terlaksana dengan baik.
  2. Memperkecil kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi akibat masih digunakannya proses secara sederhana dalam pengelolaan data dan proses perhitungan transaksi penjualan.
  3. Merumuskan suatu konsep sistem komputerisasi yang membantu perusahan untuk menghasilkan data yang lebih akurat.
  4. Memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses pembuatan laporan, sehingga informasi yang diperlukan perusahaan dapat diperoleh setiap waktu.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything