0

Sistem Informasi Geografis Kampus Universitas Palangka Raya Dengan Menggunakan Java 2 Micro Edition (J2ME) dengan Perbandingan Beberapa Metode

Yonas Hadinata Pasuang Sabtu, 15 Mei 2010


ABSTRAK

Sistem informasi geografis (SIG) merupakan sistem informasi yang berkaitan dengan proses pengolahan data informasi, pemetaan, dan pencarian lokasi geografis. Untuk memperoleh informasi geografis dan ketepatan informasi lokasi diperlukan sebuah sistem yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. Universitas Palangka Raya merupakan kawasan kampus yang luas yang memungkinkan terjadinya salah informasi lokasi kampus, keadaan geografis kampus yang tidak dilakukan pemetaan, tidak ada sistem yang mampu memberikan informasi geografis kampus, dan tidak ada sistem yang dapat melakukan pencarian lokasi dan pencarian rute antara dua lokasi di kawasan kampus sehingga diperlukannya sebuah sistem yang mampu mengatasi permasalahan tersebut melalui perangkat lunak SIG kampus UNPAR.

Perangkat lunak SIG kampus UNPAR yang dikembangkan merupakan perangkat lunak SIG berbasis mobile menggunakan Java 2 Micro Edition dengan metodologi waterfall diagram dengan melakukan perbandingan metode pencarian heuristik best first search (BFS), metode graph, dan algoritma semut yang akan diakukan perbandingan dari ketiga meode ini dimana metode pencarian rute yang terbaik yang akan digunakan sebagai metode dalam pencarian rute.

Perangkat lunak SIG kampus UNPAR ini menyediakan fasilitas informasi geografis kampus UNPAR kawasan Tunjung Nyaho beserta informasi detail lokasi dari peta kampus yang berupa kawasan, fasilitas pencarian lokasi, dan fasilitas pencarian rute dengan metode paling baik berdasarkan perbandingan metode pencarian rute yang dilakukan.

Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Perangkat Lunak, Universitas Palangka Raya, Heuristik Best First Search, Graph, Algoritma अगुस.

Sumber : Tugas akhir Agus Lindrianto, 2009, Fakultas Teknik Informatika UNPAR


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything