0

Komponen-Komponen Visual Basic 6.0

Yonas Hadinata Pasuang Minggu, 23 Mei 2010


Dalam membangun sebuah aplikasi database dengan Visual Basic 6.0, kita dapat melakukannya dengan mudah sesuai dengan keinginan kita. Dengan adanya kontrol-kontrol ActiveX yang mudah untuk digunakan ,membuat kita lebih mudah lagi dalam membuat program aplikasi database.
Adapun kontrol-kontrol yang dipakai secara umum pada Visual Basic 6.0 selain dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan contohnya adalah :
 Text Box
Text box merupakan kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk mengisi maupun menampilkan data. Contohnya pada aplikasi penjualan ini yaitu text box diisi dengan nama-nama stock barang yang akan disimpan ke dalam database.
 Label
Label merupakan kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk menampilkan keterangan.

 Command Button
Command button merupakan kontrolyang dipakai sebagai tombol untuk melakukan sebuah proses.
 Combo Box
Combo box merupakan kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk menampilkan daftar pilihan. Dengan combo box kita tinggal memilih pilihan yang ada pada combo box tersebut.
 List Box
List Box memiliki fungsi yang hamper sama dengan combo box, yaitu menampilkan daftar. Perbedaannya, pada combo box hanya satu pilihan yang terlihat sebelum combo box diklik, sedangkan pada list box dapat menampilkan beberapa pilihan.
 Option Button
Option button berfungsi untuk menampilkan daftar pilihan.
 Frame
Frame berfungsi untuk mengelompokan kontrol-kontrol pada form menjadi satu bagian.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything