0

Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Bahan Bangunan

Yonas Hadinata Pasuang Rabu, 28 April 2010


Latar Belakang
Dunia Information Technology (IT) tentunya bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat umum sekarang ini, karena dunia Information Technology (IT) erat hubungannya dengan komputer. Hampir semua pekerjaan yang dapat digantikan oleh komputer telah digantikan oleh komputer, khususnya pekerjaan yang berkaitan dengan dunia perdagangan seperti jual-beli. Sekarang ini telah banyak kita jumpai toko-toko yang telah menggunakan komputer untuk mempermudah transaksi jual-beli yang mereka lakukan kepada pelanggan. Toko Prima Jaya adalah salah satu toko yang kegiatannya bergerak dalam bidang perdagangan bahan bangunan. Toko ini selalu berusaha untuk meningkatkan volume penjualan barangnya. Oleh karena itu pihak pengelola perlu melakukan pengendalian terhadap sistem jual-beli dan melaksanakan sistem pengawasan yang baik agar dapat mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan data ataupun kesalahan keputusan yang diambil berdasarkan data yang ada yang dapat merugikan toko.
Berdasarkan uraian singkat di atas, maka perlu untuk membuat sebuah sistem yang berbasis komputer untuk mengolah sebuah sistem informasi yang dapat membantu memberikan kemudahan pada saat terjadinya jual-beli tunai dan pengolahan data-data transaksi penjualan yang dilakukan dengan judul “Sistem Informasi Persedian dan Penjualan Bahan Bangunan Pada Toko Prima Jaya”. Diharapkan dengan adanya sistem ini, pengelolaan data sebuah Toko Bahan Bangunan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap pelayanan toko, karena memiliki pengolahan data transaksi penjualan yang cepat dan lebih akurat.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul di atas maka dapat diidentifikasikan atau dirumuskan permasalahan utama yang dihadapi dalam pengelolaan Toko Bahan Bangunan dimana dalam kegiatan pemesanan, transaksi penjualan dan pembelian, serta pembuatan laporan yang dapat menghambat kinerja operasional toko apabila tidak dikelola dengan baik. Rumusan masalah tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Bagaimana membuat program aplikasi untuk membantu pekerjaan Toko Bahan Bangunan dengan menggunakan Microsoft Access dan Visual Basic 6.0 sebagai upaya untuk memberi solusi yang terjadi pada Toko Bahan Bangunan tersebut?
  2. Bagaimana membuat sebuah program aplikasi yang memiliki dua prioritas akses yaitu interface milik admin dan milik kasir?
  3. Bagaimana pengolahan data serta laporan dari jenis-jenis barang yang dijual pada penjualan toko tersebut?
Tujuan Pembuatan Sistem
Perancangan dan Pembuatan Program ini ditujukan untuk mendesain sebuah sistem yang berbasis komputer untuk persediaan dan penjualan pada Toko Bahan Bangunan yang nantinya dapat mengolah data-data hasil penjualan dan pembelian. Tujuan lainnya dari perancangan dan pembuatan program Sistem Informasi Persedian dan Penjualan Bahan Bangunan Pada Toko Prima Jaya ini adalah sebagai berikut :
  1. Mengatur pengelolaan dan penyimpanan data serta persediaan barang yang lebih terorganisir dengan media komputer.
  2. Memperkecil kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi akibat dalam proses perhitungan transaksi penjualan.
  3. Memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses pembuatan laporan, sehingga informasi yang diperlukan oleh pengelola toko dapat diperoleh setiap waktu untuk menentukan kebijakan berikutnya yang akan ditempuh demi masa depan dan kemajuan perkembangan teknologi.
Ruang Lingkup
Mengingat ruang lingkup masalah dalam sistem informasi persediaan dan penjualan barang sangat besar, maka batasan masalah yang akan dijadikan dasar desain program yang dibuat yaitu sebagai berikut:
  1. Sistem informasi ini dapat melakukan insert, delete, update pada data pelanggan, data barang, data pemasok, data grup, data produk, data penjualan, dan data pembelian. Serta menangani proses perhitungan transaksi pembelian dan penjualan pada Toko Prima Jaya.
  2. Sistem ini mengelola database yang menampung keseluruhan data transaksi pembelian dan penjualan barang-barang pada Toko Prima Jaya.
  3. Pembuatan laporan-laporan yang diperlukan pengelola dalam kurun waktu tertentu. Seperti laporan seluruh pemasok, laporan seluruh barang, laporan penjualan pernota, laporan penjualan perperiode, laporan pembelian pernota, serta laporan pembelian perperiode.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything