0

Sistem informasi penjualan mebel

Yonas Hadinata Pasuang Sabtu, 12 Juni 2010


1.1 Latar Belakang
Dunia IT tentunya bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat umum sekarang ini, karena duni IT erat hubungannya dengan komputer. Hampir semua pekerjaan yang dapat digantikan oleh komputer telah digantikan oleh komputer, khususnya pekerjaan yang berkaitan dengan dunia perdagangan seperti jual-beli. Sekarang ini telah banyak kita jumpai toko-toko yang telah menggunakan komputer untuk mempermudah transaksi jual-beli yang mereka lakukan kepada pelanggan. Selain untuk mempermudah saat terjadinya transaksi jual-beli, juga untuk memberikan kemudahan saat melakukan pembukuan diakhir bulan maupun diakhir tahun.

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, keberadaan pengolahan data menjadi informasi secara terkomputerisasi menjadi sangat penting. Hal itu dikarenakan pengolahan data secara terkomputerisasi dapat memberikan kontribusi yang besar untuk kinerja suatu perusahaan. Jika dibandingkan pengolahan data secara manual, pengolahan data secara terkomputerisasi memiliki kelebihan, seperti: pengolahan data yang cepat dan akurat, mendukung pengolahan data dalam skala besar. Karena apabila masih menggunakan akuntansi kalkulasi dengan cara mencatat kemudian menghitungnya secara manual maka proses jual-beli yang terjadi pastilah membutuhkan waktu yang lama. Karena kecapatan data itu diolah tergantung dari kecapatan pegawai mebel tersebut bekerja.

Dalam pembuatan laporan untuk evaluasi kinerja mebel juga mengalami kendala. Memerlukan waktu dan tenaga untuk mengolah arsip data transaksi penjualan yang masih berbentuk kertas sehingga laporan tidak dapat langsung disediakan, karena proses manual yang masih diterapkan. Untuk menunjang dan meningkatkan pelayanan agar lebih efektif dan efisien, perkembangan teknologi informasi dapat digunakan sebagai alat bantu meningkatkan kinerja mebel. Proses pengolahan data yang terkomputerisasi mutlak diperlukan dengan membuat sebuah sistem informasi yang dapat menangani permasalahan yang dihadapi. Sistem yang akan mengorganisasikan seluruh keperluan pihak mebel dalam proses pengolahan data transaksi penjualan maupun pelayanan perhitungan transaksi pembelian oleh pelanggan.

Berdasarkan uraian singkat di atas, maka penulis merasa tertarik untuk membuat sebuah sistem informasi yang dapat membantu memberikan kemudahan pada saat terjadinya jual-beli tunai dan pengolahan data-data transaksi penjualan yang dilakukan dengan judul “Sistem Informasi Penjualan Mebel”. Diharapkan dengan adanya sistem ini, pengelolaan sebuah meubel menjadi lebih baik dari sebelumnya dan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap pelayanannya.

1.2 Tujuan Pembuatan Sistem
Perancangan dan Pembuatan Program ini ditujukan untuk mendesain sebuah sistem yang berbasis komputer untuk penjualan pada mebel yang nantinya dapat mengolah data-data hasil penjualan. Tujuan lainnya dari perancangan dan pembuatan program Sistem Informasi Penjualan pada Mebel ini adalah sebagai berikut.
  • Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem informasi penjualan pada mebel dengan cara konvensional (media kertas) dibandingkan sistem informasi yang dilakukan dengan cara komputerisasi.
  • Mengatur pengelolaan dan penyimpanan data barang yang lebih terorganisir dengan media komputer.
  • Memperkecil kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi akibat masih digunakannya proses manual dalam proses perhitungan transaksi penjualan.
  • Memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses pembuatan laporan, sehingga informasi yang diperlukan oleh pengelola mebel dapat diperoleh setiap waktu untuk menentukan kebijakan berikutnya yang akan ditempuh demi masa depan dan kemajuan perkembangan teknologi
1.3 Batasan Masalah
Pembatasan masalah ini dilakukan agar pembuatan dan pengolahan sistem lebih terarah dan dapat memenuhi tujuan yang ditentukan. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, batasan masalah yang akan dijadikan dasar desain program yang dibuat yaitu sebagai berikut.
  • Sistem informasi ini mengangani proses perhitungan transaksi penjualan dan pembelian di mebel yang bersangkutan.
  • Sistem ini mengelola database yang menampung keseluruhan data transaksi pembelian dan penjualan barang-barang pada mebel.
  • Pembuatan laporan-laporan yang diperlukan pengelola mebel dalam kurun waktu tertentu.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything