2

Sistem Informasi Nilai Siswa Sma Katolik Palangka Raya Menggunakan Visual Basic 6.0 Dan Microsoft Access

Yonas Hadinata Pasuang Minggu, 27 Juni 2010


Latar Belakang

Walaupun di saat sekarang ini teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, dimana teknologi tersebut khususnya komputer merambah ke dalam berbagai bidang kehidupan, namun di Indonesia khususnya Kalimantan Tengah hanya sedikit bidang kehidupan saja yang tersentuh oleh perkembangan tersebut. Terutama bidang pendidikan yang tidak lain adalah bidang yang sangat vital untuk menentukan seberapa jauh tingkat peradaban suatu negara. Masih banyak sekolah-sekolah di Kalimantan Tengah ini yang melakukan segala sesuatunya secara manual,terutama yang menyangkut data-data siswa. salah satunya adalah masalah penyimpanan dan pengolahan data nilai siswa yang diangkat dalam judul ini. Mayoritas sekolah-sekolah di Kalimantan Tengah saat ini masih melakukan dokumentasi nilai siswa-nya secara manual yaitu pencatatan ke sebuah dokumen. Riwayat nilai siswa sangat mutlak diperlukan seorang guru untuk melihat kemajuan perkembangan studi seorang siswa, jadi dapat dibayangkan kesulitan atau masalah seorang guru yang mencatatkan nilai siswa tersebut ke dalam sebuah dokumen. Pada saat seorang guru hendak mengevaluasi nilai siswa-nya, maka ia akan membuka kembali rekap nilai yang terdahulu. Dengan proses kerja seperti ini jelas tidak efisien waktu,sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia. Kesulitan lain yaitu jika seorang guru ingin membuat daftar nilai siswanya berdasarkan kriteria tertentu,maka ia harus mengumpulkan kembali data-datanya lalu kemudian mengurutkannya sesuai kriteria yang ia inginkan. Judul ini diangkat untuk memecahkan masalah-masalah yang tersebut di atas dengan sebuah program sederhana. Dengan program ini guru-guru akan dengan mudah menyimpan dan mengolah data-data nilai siswa. Sehingga jika suatu saat data diperlukan, guru dapat dengan mudah menampilkannya di satu monitor komputer tanpa susah payah mengacak-acak dokumen lagi. Dengan program ini juga seorang guru dapat menampilkan data-data nilai dengan kriteria tertentu dan mencetaknya.


Rumusan Masalah

Melihat uraian latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan utama dalam pengelolaan nilai siswa di sekolah-sekolah saat ini. Permasalahan-permasalahan ini diantaranya yaitu pada saat pembuatan dokumen nilai tiap siswa dan juga pada saat pembuatan laporan akademik siswa yang dapat memperlambat kinerja guru dan tidak efisien waktu.

Rumusan masalah yang dihadapi adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana membuat sebuah program yang dapat mempermudah guru dalam melakukan pengolahan data siswa dan data nilai siswa dengan menggunakan bahasa pemmrograman Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Access.
  2. Bagaimana membuat sebuah program yang memiliki dua hak akses, dalam hal ini yaitu Kepala Sekolah dan Guru.
  3. Bagaimana menampilkan data yang telah ada ke dalam format sebuah laporan yang dapat ditampilkan sesuai kriteria tertentu.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

2 komentar:

alam mengatakan...

kunjungan balik nih
dari
http://gobelan.blogspot.com/

lontaremas mengatakan...

sebuah karya ilmiah yg bagus
tambah lagi mas!

salam,
goldy

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything