0

Sistem Informasi Geografis untuk layanan pariwisata berbasis J2ME

Yonas Hadinata Pasuang Sabtu, 15 Mei 2010


Dewasa ini, tingkat mobilitas masyarakat semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang semakin memadai yang memudahkan masyarakat berpindah tempat. Mobilitas memungkinkan masyarakat dapat berperan sebagai turis setiap saat mereka melakukan aktivitas mobile-nya. Di samping itu, tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi menuntut adanya efektivitas dan efisiensi waktu agar proses mobilitas dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemanduan untuk membantu memudahkan masyarakat mobile beradaptasi dengan lingkungan baru.

Untuk menjawab persoalan diatas, dibangunlah Sistem Informasi Geografis (SIG) Mobile Pemandu Turis (T-GIS). Sistem ini dibangun dengan menerapkan teknologi SIG pada perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobilitas sehingga dapat membantu masyarakat kapanpun dan dimanapun mereka berada. Pemanduan turis tidak hanya mengandalkan kemampuan pemandu akan informasi yang dimilikinya, melainkan juga cara penyampaian informasi yang komunikatif kepada turis. Oleh karena itu, penerapan pemanduan pada sistem juga difokuskan pada interaksi yang interaktif antara pengguna dengan sistem.

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan SIG pada perangkat mobile dengan menerapkan konsep pemanduan turis dengan fokus kajian pada pembangunan interaksi yang interaktif antara pengguna dengan sistem. Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan pemodelan task untuk memodelkan interaksi antara pengguna dengan sistem. Dari model analisis yang dihasilkan, dibuat rancangan perangkat lunak dengan memanfaatkan bahasa pemodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil rancangan sistem kemudian diimplementasikan menjadi prototipe dengan memanfaatkan tools MapServer dan Netbeans Mobility. Prototipe tersebut kemudian diujikan untuk mengetahui efektivitas usability sistem. Hasil dari tugas akhir ini berupa rancangan sistem pemanduan dan prototipe perangkat lunak T-GIS yang merepresentasikan hasil rancangan sistem pemanduan tersebut. Rancangan yang dihasilkan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk penelitian selanjutnya.

Sumber : Tugas akhir Indriani Noor Hapsari, 2008, Institut Teknologi Bandung

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything