0

Pembangunan Website di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Palangka Raya

Yonas Hadinata Pasuang Sabtu, 12 Juni 2010


1.1 LATAR BELAKANG
Teknologi web adalah teknologi yang saat ini relatif mudah dipelajari, apalagi sekarang bermunculan software-software web editor yang memudahkan pengguna untuk membuat situs web. Website adalah situs yang dapat dilihat dan diakses oleh para pengguna Internet. Website hanyalah kumpulan file yang terletak pada sebuah komputer yang terhubung ke Internet. Dalam website itu sendiri terdapat banyak layanan-layanan yang dapat ditawarkan, yang di sebut sebagai web portal. Web portal adalah situs Web atau layanan yang menawarkan beragam sumber daya dan layanan, ada pula layanan yang diberikan untuk terbangunnya sebuah komunitas.

Dalam perkembangan saat ini, komunitas sekarang bukan hanya melalui perkumpulan atau pertemuan langsung saja melalui suatu tempat, melainkan melalui media maya. Media maya yang dimaksud adalah teknologi komputer melalui network atau jaringan. Secara lebih spesifik, teknologi internet yang dimaksud adalah teknologi web.

Pembuatan Website Pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Palangka Raya ini dilatarbelakangi karena dinas ini belum memiliki website. Selama ini informasi tentang dinas-dinas yang ada di Kotamadya Palangka Raya hanya dapat diakses melalui situp resmi Pemerintah Kota Palangka Raya yaitu www.palangkaraya.go.id.

Pembuatan website baru untuk Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Palangka Raya ini diharapkan dapat meminimalisasi kekurangan yang terjadi dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Website ini juga diharapkan berguna untuk membantu dalam mengolah informasi dengan baik untuk disampaikan dan diakses oleh orang banyak.

Secara tersirat hal inilah yang merupakan suatu strategi baru di dunia perkembangan teknologi yang ada di dunia kerja, secara khusus adalah perkembangan teknologi perkantoran dari suatu dinas pemerintahan tertentu. Pembuatan teknologi informasi di dunia maya melalui media teknologi web inilah yang menjadi dasar di buatnya aplikasi web dengan judul “Pembangunan Website di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Palangka Raya”

1.2 RUMUSAN MASALAH
Dari penjabaran latar belakang tersebut diatas, maka timbulah suatu gagasan untuk membuat website pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Palangka Raya.

Dalam proses pembuatan website ini kedepannya, permasalahan yang akan dijadikan dasar gagasan dalam penekanan permasalahan tersebut adalah:
  1. Bagaimana membuat website yang dapat memberikan informasi tentang Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Palangka Raya yang akurat bagi masyarakat?
  2. Bagaimana membuat sebuah website yang memiliki standart sistem keamanan yang baik ?
  3. Bagaimana membangun sebuah database yang terorganisasi sehingga dapat dengan mudah di guanakan dalam sebuah website
1.3 BATASAN MASALAH
Agar tidak terjadi perluasan pemahaman, maka sistem aplikasi web ini hanya di fokuskan pada beberapa hal saja. Adapun batasan masalah dalam sistem aplikasi berbasis web dengan judul “Pembangunan Website di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi kota Palangka Raya” yaitu sebagai berikut :
  1. Website ini hanya memberikan informasi tentang Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi kota Palangka Raya.
  2. Website ini hanya memberikan informasi tentang harga eceran tertinggi, data industri, data perdagangan dan data koperasi, yang dapat di perbarui / update oleh pembuat (sebagai admin).
  3. Website ini berisi artikel dan berita-berita tentang Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi kota Palangka Raya, yang dapat diupload dan dihapus/delete oleh pembuat (sebagai admin).
  4. Website ini jika pengunjung (user) ingin memberikan pesan maka dapat meninggalkan pesan di menu Buku Tamu Pengunjung tanpa harus mendaftarkan diri terlebih dahulu।
Sumber : Mata Kuliah Kerja Praktek (KP) Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika UNPAR


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk entri artikel di blog Everything